mY siLhoUtte-FamILy

........menunggu 2 tahunnya.........

Lilypie Second Birthday tickers

Rabu, 07 Juli 2010

Cara Mengajarkan Anak Menghormati Orang Tua

Memiliki anak yang berbakti dan santun adalah dambaan setiap orang tua. Sedih rasanya sebagai orang tua jika mengetahui anaknya tidak berbakti. Simak tips berikut agar anak lebih menghormati orang tua :

1. Perlakukan dan hormati anak seperti anda menghormati orang dewasa
Tidak jarang orang tua yang luput dari menghormati anaknya, namun mereka malah mengharuskan anak - anaknya menghormati orang yang lebih tua. Ingat, anak juga manusia yang mempunyai perasaan dan dapat mencontoh apa yang dia lihat dan rasakan. Biasakanlah untuk menghormati anak, agar ia tidak luput dari rasa menghormati siapapun menjadi anak yang berbudi pekerti baik.

2. Bersikap tegas dan dapat dipercaya
Tegaslah dengan apa yang kita ucapkan. Jika kita melarang dan meminta anak melakukan sesuatu, beri dia alasan yang tepat dan berikan ketegasan.

3. Bersikaplah terus terang kepada anak
Katakan pada anak sesuatu yang mestinya mereka ketahui, beri dia penjelasan mengenai sesuatu. Jika anak menanyakan sesuatu hal dan kita tidak mengetahui jawabannya, ada baiknya kita katakan yang sebenarnya dan mengajak untuk mencari tahu jawabannya bersama - bersama. Sikap ini akan lebih dihargai anak daripada kita berpura - pura tahu.

4. Jadilah orang tua yang konsisten baik dalam bersikap maupun kata - kata

Apabila orang tua menetapkan peraturan terhadap anaknya, maka sebisa mungkin orang tua harus tetap konsisten terhadap aturan tersebut. Misalnya, ketika orang tua menetapkan aturan kepada anaknya untuk tidak mengambil milik orang lain sebelum minta izin pemiliknya, maka jannganlah sekali - klai membiarkan atau menyuruh anak untuk memakan makanan di toko yang belum dibayar.


5. Janganlah berdusta kepada anak atau memperdayainya

Sebab, tindakan orang tua seperti itu dapat membuat anak jadi tidah menghormati orang tua dan aturannya.

6. Berani meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan kepada anak
Jangan takut meminta maaf atas kesalahan yang kita lakukan, karena dengan demikian anak akan menghargai sikap kita dan mencontoh perilaku ini jika dia melakukan kesalahan.

7. Jangan takut mengungkapkan kasih sayang
Anak yang tumbuh dalam ekspresi kasih sayang orang tua, akan memiliki sikap yang ekspresif dalam mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya. hormatilah gagasannya akan sesuatu, seperti kritis dengan lilngkungan sekitar, dan sikapnya dalam menghormati sesama.

8. Hormati hak anak
Anak berhak mendapatkan uang jajan dan berikan. Berikanlah juga kebebasan untuk berbicara dan ber-ekspresi, tapi jangan sampai keluar dari koridor yang diharapkan. Dengan cara seperti ini anak akan belajar menghargai dan dan menghormati kebebasan milik orang lain.

9. Jadilah orang tua yang menghormati orang lain
Anak adalah peniru ulung atau "Great Imitator". Pada umumnya anak akan meniru kebiasaan yang dilakukan orang tuanya. Bila kita orang tua menghormati orang lain, maka anakpun akan meniru kebiasaan kita tersebut. Oleh karenanya, mulailah berikan contoh yang baik dan perlakukan sebagaimana kita ingin diperlakukan.


Selamat, mendidik anak. Semoga anak kita menjadi pribadi yang kita idamkan. AMIIN


sumber : wolipop.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar