mY siLhoUtte-FamILy

........menunggu 2 tahunnya.........

Lilypie Second Birthday tickers

Senin, 05 Juli 2010

Panduan Pertolongan Pertama pada Bayi I

Pada dasarnya saya buat tulisan ini untuk sekedar memberi informasi pada para ibu, bukan untuk menakut-nakuti. Dan selama saya mengerjakan tulisan ini, saya selalu berdoa semoga anak saya dan juga anak semua para orang tua di dunia, selalu sehat wal afiat tanpa ada keluhan yang berlebihan. AMIIN.

HERNIA
Gejala : Bengkak di selangkangan / dekat pusar. Membesar bila bayi batuk atau menangis.
Tindakan : Mungkin bayi mengalami sejenis hernia. Bila bengkak terasa sakit, mengeras / meradang, segera bawa ke dokter.

MATA MERAH
Gejala : Gurat merah pada bagian putih matanya.
Tindakan : Kemungkinan penyebab, radang selaput putih mata yang disebabkan infeksi bakteri. Jauhkan penderita dari bayi lain untuk mencegah penularan. Bersihkan mata dengan kapas dan air hangat sesering mungkin.

MATA KELILIPAN
Gejala : Mata merah, nyeri dan berair.
Tindakan : Mungkin ada benda asing di mata. Cegah bayi mengucek mata. Sibakkan kelopak mata perlahan, keluarkan benda asing dari mata dengan menggunakan sapu tangan yang bersih dan lembab.

PENYAKIT KUNING
Gejala : Kulit dan bola mata kekuning – kuningan, tinja tampak pucat.
Tindakan : Biasa terjadi pada bayi baru lahir. Tidak perlu perawatan jika tidak terlalu kuning. Berikan ASI yang banyak. Jemur bayi di bawah sinar matahari pagi. Bawa ke dokter jika keadaan memburuk atau berlangsung lebih dari 2 minggu.

TINJA BERCAMPUR DARAH
Gejala : Sakit perut, diare dan demam.
Tindakan : Beri bayi air putih atau oralit sebanyak – banyaknya untuk mencegah dehidrasi. Bawa ke dokter segera. Kemungkinan ada infeksi di ususnya.

NAFAS BERBUNYI
Gejala : Batuk – batuk pada malam hari,pagi hari,ketika berada di udara terbuka / berdebu.
Tindakan : Kemungkinan asma. Lembabkan udara dengan meletakkan baskom berisi air di ruangan atau bawa ke kamar mandi, dan nyalakan shower air panas.

BATUK
Gejala : Bayi tampak lesu, nafas cepat disertai demam.
Tindakan : Kemungkinan bronkhitis (infeksi virus di saluran nafas halus di paru - paru), pneumonia (infeksi rongga udara di paru – paru). Segera bawa ke dokter.

RUAM
Gejala : Ada bintik merah jambu, demam, mata merah, hidung berlendir, batuk kering.
Tindakan : Segera bawa ke dokter. Ini gejala campak walaupun anak pernah di-imunisasi. Berikan banyak minum untuk mencegah dehidrasi. Berikan obat penurun panas.

KULIT GATAL
Gejala : Timbul satu atau lebih bintik – bintik merah di kulit, tangan, leher dan bagian tubuh lainnya.
Tindakan : Reaksi alergi atau biduran. Tak perlu dirawat, antihistamin mampu meredakan gatalnya. Periksa ke dokter bila biduran bertahan lebih dari 24 jam.

RUAM POPOK
Gejala : Radang dengan atau tanpa bintik – bintik merah di kulit sekitar pantat bayi.
Tindakan : Biarkan bayi tidak mengenakan popok. Basuh kulit di daerah popok dengan air. Keringkan. Ganti popok sesering mungkin. Bila mencuci popok, pastika popok bebas dari deterjen.

MUNTAH – MUNTAH
Gejala : Demam, mengantuk tidak wajar, gelisah, menangis kencang
Tindakan : Bawa ke dokter segera. Mungkin menderita meningitis (infeksi pada selaput pembungkus otak).

GUMOH
Gejala : Gumoh / muntah sehabis makan atau minum susu.
Tindakan : Sendawakan bayi setelah menyusui. Tegakkan tubuhnya, usap – usap atau tepuklah punggungnya dengan lembut agar udara yang terperangkap di perut bisa keluar.

DIARE
Gejala : Demam, tidak mau makan, muntah, BAB encer / cair lebih dari 8 kali sehari.
Tindakan : Segera bawa ke dokter. Mungkin menderita gastroenteritis (infeksi sistem pencernaan yang disebabkan oleh virus). Beri minum air putih atau oralit untuk mencegah dehidrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar